Formula Ni-35 : Peduli Lingkungan

Peternakan memerlukan perhatian baik aspek teknis maupun non-teknis. Aspek teknis misalnya pemilihan DOC yang baik, pemakaian pakan, obat-obatan dan vaksin yang tepat (tepat jenis, dosis dan cara pemakaian), masalah kandang, penanganan panen dan masalah tenaga kerja.

Sedangkan aspek non-teknis yang harus diperhatikan adalah masalah sosial dengan lingkungan sekitar. Mengapa hal ini juga perlu diperhatikan, karena budidaya peternakan  menghasilkan polusi berupa bau dan lalat. Jika tidak ditangani dengan benar, baik secara teknis maupun sosial bisa mengakibatkan masalah yang tidak kecil berupa sikap yang tidak bersahabat sampai pembakaran kandang atau pengusiran secara paksa. Padahal jika dimanfaatkan, kotoran ternak bisa bermanfaat menjadi kompos untuk pupuk tanaman.
Namun Anda para pelaku budidaya peternakan tidak  perlu bingung, karena kini telah ada teknologi hayati untuk mengatasi timbulnya bau dan lalat pada kotoran ternak Anda. Teknologi hayati tersebut adalah Ni-35.


MEKANISME KERJA
Ni-35 cara kerjanya hampir sama dengan proses yang terjadi pada mayat yang ditaruh di bawah pohon Taru Menyan di Trunyan Bali yang  tidak menimbulkan bau sama sekali. Hal ini karena Ni-35 mampu mengikat amoniak dan bakteri-bakteri pembusuk, sehingga yang ada hanya bakteri-bakteri pengurai yang dipacu perkembangannya sehingga mampu menghilangkan bau kotoran ataupun kompos menjadi lebih cepat.




Fungsi Ni-35 :
1. Menghilangkan bau kotoran ternak dalam waktu cepat
2. Mempercepat proses pengkomposan (pembuatan kompos)
3. Terbuat dari rempah rampah, aman bagi lingkungan dan manusia
4. Praktis dan ekonomis

CARA PENGGUNAAN
Pada proses pengkomposan :
- Buat gundukan kotoran ternak dengan tebal maksimal 15  cm
- Larutkan Ni-35 dalam air dengan takaran 1 sendok Ni-35 dalam 10 liter air
   (akan lebih efektif jika dibiarkan dahulu selama 12 jam)
- Semprot atau siramkan secara merata pada gundukan kotoran tersebut.
- Jemur diterik matahari sampai kering
- Kompos siap digunakan

Pada penghilangan bau :
- Semprotkan larutan Ni-35 langsung pada kotoran ternak
- Bau akan hilang dalam waktu cepat

"Dosis Pemakaian adalah 1 sendok makan Ni-35 (kurang lebih 25 gram) untuk aplikasi sebanyak 500 kg pupuk kandang"
          
Selain digunakan untuk pengolahan kotoran ternak, Ni-35 juga bisa digunakan untuk keperluan rumah tangga, yaitu untuk mengatasi bau yang tidak sedap karena bangkai, sayuran atau buah yang membusuk yang tidak hilang walaupun tempatnya sudah dicuci.
Cara pakainya adalah ambil 1 (satu) sendok teh Ni-35, larutkan dalam air dalam alat untuk menyemprot burung. Kocok-kocok sampai larut secara merata. Larutan Ni-35 siap digunakan.
Ni-35 : Peduli Lingkungan
Copyright@2011